Monday 16 April 2018

7 JENIS OPERATING SYSTEM UTAMA DI DUNIA



Pernahkah anda ambil kisah tentang jenis-jenis Operating System utama yang ada di dunia ini? Mungkin anda hanya mengetahui 2 jenis operating system sahaja ini iaitu Window dan Mac Os. Tahukah anda, terdapat OS lain juga yang wujud di dunia ini.

Jenis – jenis Operating System Utama (OS)
Setiap OS ini mempunyai kelasnya tersendiri dan keistimewaannya sendiri. Terdapat juga OS yang perlu dibeli lesennya seperti ‘Window’ dan kebanyakkan darinya hanya percuma untuk dimuatturun. Tak sabar nak tahu lebih lanjut? Jom teruskan membaca! Kami akan memperkenalkan satu persatu OS ini secara ringkas.

Microsoft Window



Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Ia merupakan satu operating system utama di dunia. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian terus berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%. Sehingga tahun 2016 ini, Microsoft telah berjaya mengeluarkan window 10 iaitu sebuah OS yang dapat digunakan untuk platform telefon pintar dan tablet. Dikatakan lebih ramai menggunakan Windows ini berbanding OS yang lain.

Linux


Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Dengan kata lain,linux adalah salah satu sistem operasi unix dan berlesen open source atau source code nya yang dikongsi. Jadi linux boleh dibangunkan oleh siapa saja. Itu merupakan kelebihan dari linux.

Software linux dan windows adalah berbeza. Linux sendiri mempunyai banyak pembangun dan namanya. Jom kami kenalkan jenis-jenis linux. Mungkin anda pernah dengar dan mungkin juga anda tidak pernah dengar

PCLinuxOS
PCLinuxOS adalah satu Sistem Operasi Open Source. PCLinuxOS juga suatu distribusi GNU/Linux, itu berdasar pada kernel Linux menggunakan GNU toolset. PCLinuxOS salah satu dari penyedia-penyedia dunia yang sedang naik bintang karena userfriendly pada desktop.

Debian
Debian format paket programnya yang menggunakan DEB dianggap lebih stabil dari pada RPM. Debian juga sudah menggunakan metode autodetect untuk penggunaan peripheral pada komputer.

Redhat
Redhat diakui sebagai server tercepat dibandingkan dengan linux server lainnya. Selain sebagai server tercepat, Redhat juga dapat digunakan sebagai client maupun sebagai PC desktop/PC standolone. Saat ini redhat sudah beredar dengan versi 9.0 yang dapat menggunakan desktop Genome dan juga KDE.

Caldera
Caldera merupakan jenis linux yang pertama yang menggunakan Auto-Detect Hardware ( seperti plug and play pada Mac)

Slackware
Slackware adalah distribusi linux yang pertama yang merupakan distribusi linux yang murni, kalo ga salah linux tertua n hampir menyamai Unix dalam penggunaannya.

Suse
SuSE Linux dilengkapi dengan Desktop Manager yang dikenal dengan KDE. SuSE adalah jenis Linux pertama yang menyertakan bahasa Indonesia dan pilihan bahasa yang digunakan dalam sistem Operasi Linux.

Corel
Corel Linux dirancang sebagai end-User. Pada Corel Linux semuaya serba grafis, dimulai pada saat prosedur Instalasi hingga boot sistem

Turbo
Turbo Linux dibuat dari berbagai under Linux/UNIX. Turbo Linux mengkhususkan diri di bidang clustering computer.

Mandriva
Mandriva Linux yg sebelumnya bernama Mandrakelinux atau Mandrake Linux merupakan suatu distribusi Linux yang diciptakan oleh Mandriva. Itu menggunakan RPM Package Manager. Bila redhat direkomendasikan sebagai server, maka mandrake dijadikan sebagai client yang handal. Tujuan awal dari diciptakannya Mandrake Linux adalah untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan installasi dan penggunaan Linux itu sendiri. Sebelum keluarnya Corel Linux, Mandrake merupakan distribusi linux yang paling familiar. Jika Redhat keluar desktop manager menggunakan Gnome, maka inux Mandrake keluar dengan desktop manager KDE buatan SuSE Jerman

Ubuntu
Ubuntu Linux hadir dalam 2 versi yaitu versi LiveCD dan versi Install. Anda bisa memakai versi LiveCD kalau anda tidak ingin menginstallnya kedalam Komputer.

Mac Os




Mac OS adalah singkatan dari kata Macintosh Operating System. Ia merupakan satu operating system utama di dunia pada ketika ini. Mac OS diciptakan oleh perusahaan Apple Inc. Design yang ringkas dan mesra pengguna. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld. Kata Macintosh diambil dari nama Epal kesukaan Jef raskin ,McIntosh. Diperkenalkan pada tahun 1984, dan menjadi salah satu raksasa penguasa Operating System sekarang. Sejak tahun 2006, MAC OS telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.

Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter “X” adalah nombor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf “X” yang terdengar seperti “eks”. Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian kerana tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran “x” (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). dan Mac OS X Server juga dikeluarkan pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbezaan bahwa versi Serverworkgroup dalam komputer berskala besar. Contoh filter tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah peranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melesenkan juga berbeza. Sekadar untuk mencukupkan peranti lunak untuk keperluan pengurusan  Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya pautan bagi pengembang desktop lain.

Unix


UNIX Sistem operasi yang dibuat oleh dua orang ahli programmer, Ken Thompson dan Dennis Ritchie, yang kemudian dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. Unix dirancang khusus sebagai operating system yang multiuser, multitasking dan portabel. Meskipun demikian, OS lebih banyak dipakai untuk keperluan server ataupun workstation. Inilah salah satu perbedaan Linux dan Unix.

Unix memiliki tingkat kompatibilitas yang tinggi sehingga seringkali dipakai sebagai bahan modifikasi dan pengembangan lanjutan. Tak heran bila terdapat beragam varian Unix dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, salah satu yang paling populer adalah Linux yang dikembangkan Linus Torvalds.

Dot Os


Disk Operating System (DOS) adalah keluarga sistem operasi yang digunakan di komputer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dimulakan.


Sistem Operasi Disk (Disk Operating System – DOS) merupakan sistem yang digunakan untuk mengelola seluruh sumber daya pada sistem komputer. Sumber daya di komputer baik hardware dan software perlu dikelola dengan baik sehingga sistem dapat bekerja dengan baik (stable), menghindari perebutan pengerjaan (bottleneck), memberikan prioritan pengerjaan, menghindari gangguan-gangguan (virus, hacker), mengatasi sistem dari kegagalan (roolback). DOS terbagi beberapa kelas, yakni :



MS-DOS (Microsoft Disk Operating System


IBM PC-DOS (International Business Machine Personal

Computer Disk Operating System
DR-DOS (Digital Research Disk Operating System)


Novell Personal Netware
Caldera DOS
FreeDOS

Solaris


Solaris merupakan suatu Operating System utama turunan asli dari varian kernel Unix yang dikembangkan pada tahun 1969 oleh American Telephone and Telegraph (AT&T). Solaris pada umumnya digunakan untuk menjalankan web server dan database server. Sejak Sun memulai membangun Solaris, pangsa pasar ditujukan untuk perusahaan menengah ke atas (Enterprise). Solaris juga membangun sebuah operasi system yang berfokus pada bagaimana Solaris boleh digunakan dengan baik dan stabil dengan membandingkan operasi system dengan sistem Unix lainnya. Solaris memberikan dukungan pada kemampuan Multiprocessor, bagaimana mengatasi deadlock, bagaimana menjaga dan meningkatkan CPU dan bagaimana teknik pengurusan Memory yang baik. Jika dilakukan perbandingan multiprocessor pada mesin yang sebanding antara Solaris 10 x86, RedHat Enterprise Linux 4, RedHat Enterprise Linux 5 dan Windows  Server 2003 R2. Solaris lebih unggul dalam stabilitas, efisiensi dan juga memiliki kinerja terbaik pada sebuah system operasi.

Free bsd


FreeBSD adalah salah satu system operasi yang bersifat open source. FreeBSD sebagai salah satu dari keluarga BSD, saat ini sangat banyak digunakan dan bahkan dikembangkan di berbagai kalangan individu, perusahaaan dan bahkan universiti. Bila dibandingkan dengan Windows, FreeBSD relatif lebih sulit dalam penggunaan, kerana masih bersifat text base dalam memberikan command, sedangkan windows memiliki GUI yang jauh lebih dibandingkan dengan FreeBSD. Namun, terdapat juga jenis BSD yang memiliki GUI, seperti PC-BSD. Keunggulan FreeBSD dibandingkan dengan Windows, adalah kebebasan dalam penggunaan, disamping pengembangan dari system operasi tersebut, kerana lesen yang sudah dijamin untuk kebebasannya.

Perjalanan panjang jenis UNIX BSD di mulai di Universiti California Barkeley pada tahun 1973. Berkeley Software Distribution (BSD) pertama kali dibangun dan dikembangkan oleh Computer System Research Group (CSRG) di University of California at Berkeley (UCB), BSD pertama kali keluar pada akhir 1977 sebagai paket tambahan dan patch dari AT&T UNIX varsi 6, yang mana waktu itu beroperasi pada mesin PDP-11 minicomputer.

BSD dibuat, dikembangkan, dan digunakan secara “Bebas” sebagai perlawanan terhadap lisensi UNIX yang dimiliki oleh AT&T dan oleh karena itu BSD mempunyai lesen tersendiri yang memungkinkan setiap orang bebas melakukan pengembangan, dan menggunakan kode sumber BSD, bahkan setiap orang boleh untuk menyalin ulang kode sumber BSD, dan kerana kelebihan “bebas” tersebut, BSD berkembang menjadi beberapa varian yang saat ini banyak digunakan berbagai kalangan. Sampai saat ini pun, banyak pembangun yang terus mengembangkan kode sumber dari BSD.

No comments:

Post a Comment